Bisnis  

Misteri Batu Badar Besi, Cara Gampang Membedakan yang Asli atau Palsu!

#image_title

Siapa yang tidak kenal dengan batu badar besi? Batu ini memiliki daya tarik yang luar biasa bagi pecinta batu mulia dan penggemar barang antik. Namun, di balik keindahannya, terdapat sebuah misteri yang sering kali membuat orang kebingungan. Bagaimana cara membedakan batu badar besi yang asli dengan yang palsu? Di artikel ini, kami akan memberikan panduan sederhana untuk membedakan kedua jenis batu tersebut.

Zat Besi dalam Batu Badar Besi

Misteri batu badar besi berawal dari komposisi mineral di dalamnya. Batu badar besi memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, yang memberikannya daya tarik dan nilai ekonomi yang tinggi. Zat besi inilah yang memberikan warna hitam kecoklatan pada batu tersebut. Namun, keunikannya tidak berhenti di situ.

Sifat Magnetik Batu Badar Besi

Salah satu ciri khas batu badar besi adalah sifat magnetiknya. Jika Anda mendekatkan batu badar besi asli ke benda logam yang terbuat dari besi, batu tersebut akan tertarik oleh benda logam tersebut. Namun, ini bukan berarti semua batu badar besi memiliki sifat magnetik yang sama. Tingkat magnetik dapat bervariasi tergantung pada tingkat kekeringan batu dan besarnya kandungan zat besi di dalamnya.

Batu Badar Besi yang Tidak Tertarik Magnet

Meskipun jarang, ada beberapa batu badar besi asli yang tidak memiliki sifat magnetik. Hal ini terjadi karena kadar air yang tinggi di dalam batu tersebut. Kehadiran air membuat sifat magnetiknya berkurang atau bahkan hilang. Jadi, jika Anda memiliki batu badar besi yang tidak memiliki sifat magnetik, jangan langsung menyimpulkannya sebagai batu palsu. Uji kembali dengan mengamati ciri-ciri lain yang akan kami jelaskan nanti.

Baca Juga :  Pencabutan PPKM Berdampak Signifikan pada Sektor Pariwisata

Bentuk dan Warna Batu Badar Besi

Selain sifat magnetik, bentuk dan warna batu badar besi juga merupakan faktor penting untuk membedakan antara yang asli dan palsu. Batu badar besi biasanya memiliki bentuk yang tidak teratur dan permukaan yang kasar. Beberapa batu memiliki permukaan yang terlihat mengkilap, tetapi sebagian besar memiliki tekstur yang kasar dan mati. Ini adalah ciri khas dari batu badar besi yang asli.

Warna batu badar besi asli juga memiliki variasi. Biasanya batu ini memiliki warna hitam kecoklatan, tetapi beberapa memiliki corak yang unik seperti garis-garis putih atau bintik-bintik di permukaannya. Jangan terkecoh oleh batu badar besi yang memiliki warna dan pola yang terlalu sempurna, karena ada kemungkinan besar itu adalah batu palsu.

Pola Bintik dan Poria di Batu Badar Besi

Pola bintik-bintik dan poria di batu badar besi juga bisa menjadi tanda keaslian batu tersebut. Poria adalah lubang-lubang kecil pada permukaan batu yang tercipta akibat proses alami pembentukan batu tersebut. Pada batu badar besi asli, poria biasanya memiliki ukuran yang berbeda-beda dan tersebar secara acak di permukaan batu. Hal ini memberikan kesan alami dan organik pada batu badar besi.

Jika Anda melihat batu badar besi yang memiliki pola bintik dan poria yang terlalu seragam atau terlalu sempurna, maka batu tersebut mungkin adalah batu palsu. Karena batu badar besi asli terbentuk secara alami, tidak ada batu yang memiliki pola yang sama persis di seluruh permukaannya.

Baca Juga :  KPPU Mulai Selidiki Dugaan Kartel Suku Bunga oleh AFPI

Kekerasan dan Keberatan Batu Badar Besi

Untuk membedakan batu badar besi yang asli dengan yang palsu, Anda juga perlu memperhatikan kekerasan dan keberatannya. Batu badar besi adalah batu yang relatif keras dengan tingkat kekerasan 5.5-6.5 dalam skala Mohs. Jadi jika Anda mencoba menggoreskan batu badar besi asli dengan benda yang lebih lunak, seperti kaca, goresan akan terbentuk di permukaan kaca bukan di permukaan batu.

Keberatan batu badar besi juga harus Anda perhatikan. Batu ini biasanya cukup berat untuk ukurannya. Jika Anda memiliki batu badar besi yang terasa ringan atau terbuat dari bahan yang terasa plastik, kemungkinan besar itu adalah batu palsu.

Pemeriksaan Tambahan untuk Memastikan Keaslian Batu Badar Besi

Ada beberapa pemeriksaan tambahan yang bisa Anda lakukan untuk memastikan keaslian batu badar besi. Pertama, Anda dapat menciumnya. Batu badar besi asli memiliki aroma khas yang agak khas dan berbeda dari batu lainnya. Aroma ini agak menyengat dan terkadang bisa tercium bahkan dari jarak jauh. Namun, hati-hati untuk tidak terkecoh oleh batu yang dicelup dengan parfum atau minyak wangi lainnya.

Kedua, Anda dapat menggunakan senter ultraviolet (UV) untuk memeriksa keaslian batu badar besi. Jika batu tersebut terlihat berpendar atau memiliki efek fosfor yang kuat di bawah cahaya UV, kemungkinan besar itu adalah batu badar besi asli. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua batu badar besi memiliki efek ini, jadi pemeriksaan ini tidak selalu mutlak.

Baca Juga :  Pasar Beras Murah GMTD, Solusi Terjangkau Menghadapi Kenaikan Harga Beras

Terakhir, jika Anda masih meragukan keaslian batu badar besi, Anda dapat membawanya ke ahli batu mulia atau jeweler terpercaya untuk diperiksa dengan lebih detail. Ahli ini memiliki pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk memeriksa keaslian batu tersebut.

Penutup

Jadi, sekarang Anda sudah tahu cara gampang membedakan batu badar besi yang asli dengan yang palsu. Penting untuk selalu berhati-hati dan memperhatikan ciri-ciri khusus yang kami jelaskan sebelumnya. Jika Anda memiliki ketertarikan terhadap batu ini, pastikan untuk membelinya dari penjual terpercaya dan menguji keasliannya sebelum memutuskan untuk membeli. Dengan pengetahuan ini, semoga Anda dapat mendapatkan batu badar besi yang berkualitas dan memenuhi keinginan Anda!