Optimalkan Transformasi Kelembagaan PIP, Menkeu : Beri Kemudahan Akses Pembiayaan UMKM

Jakarta ? Guna mengoptimalkan tugas dan fungsi Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebagai Badan Layanan Umum Kementerian Keuangan (BLU Kemenkeu), Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan rapat bersama Direktur PIP dan pimpinan eselon I di lingkungan Kemenkeu. Dalam rapat dibahas mengenai pemberian kemudahan akses pembiayaan kepada UMKM.

?Kami membahas transformasi kelembagaan untuk mengoptimalkan fungsi PIP dalam memberi kemudahan akses pembiayaan bagi para pelaku UMKM, khususnya kepada lapisan yang belum terjangkau oleh sektor perbankan, melalui Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi),? ungkap Menkeu seusai rapat pada Kamis (15/02).

Menurut Menkeu, dengan mayoritas dari debitur UMi didominasi oleh perempuan, maka optimalisasi tugas dan fungsi PIP dalam pembahasan rapat berarti juga mendukung peran perempuan untuk berkontribusi pada perekonomian nasional.

?Jadi, optimalisasi fungsi PIP ini tak hanya meningkatkan kontribusi UMKM, tetapi juga peranan perempuan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia,? pungkas Menkeu. (Red)

Baca Juga :  Surplus Neraca Perdagangan Indonesia Tahun 2023 Tunjukkan Daya Tahan Eksternal Perekonomian Nasional