Resep Bolu Mangga, Bikin Ngiler dengan Rasa Segar ala Rumahan Bunda!

Siapa yang tidak suka dengan rasa manis dan segar mangga? Buah tropis yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia. Nah, bagaimana jika kita mengombinasikan mangga dengan kue bolu yang lembut dan enak? Pasti rasanya luar biasa! Di artikel ini, saya akan membagikan resep bolu mangga ala rumahan yang bisa bunda coba sendiri di dapur. Yuk, simak penjelasannya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

Bahan A:
– 3 butir telur
– 150 gram gula pasir
– 200 gram tepung terigu
– 1 sendok teh baking powder
– Sejumput garam

Bahan B:
– 100 gram mentega, lelehkan
– 100 ml susu cair
– 1 sendok teh ekstrak vanila

Bahan C:
– 1 mangga matang, potong dadu kecil
– Sedikit tepung terigu (untuk melapisi mangga)

Cara Membuat Bolu Mangga:

Langkah 1: Persiapan

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu semua bahan yang dibutuhkan. Pastikan mangga yang digunakan sudah matang dengan tekstur yang sedikit lembut agar lebih mudah dipotong dadu. Jangan lupa juga menyalakan oven dan panaskan pada suhu 180 derajat Celsius.

Langkah 2: Membuat Adonan

Siapkan mangkuk besar dan kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih. Kemudian, tambahkan tepung terigu, baking powder, dan garam. Aduk rata menggunakan spatula hingga tidak ada gumpalan tepung.

Langkah 3: Menambahkan Bahan Cair

Tuangkan mentega yang telah dilelehkan, susu cair, dan ekstrak vanila ke dalam adonan telur dan tepung terigu. Aduk kembali hingga tercampur dengan baik. Pastikan adonan tidak menggumpal tetapi tidak terlalu encer.

Baca Juga :  BBG Hadirkan Brand Kue Tampah, Pasarkan Kue Tradisional

Langkah 4: Menambahkan Mangga

Ambil potongan mangga yang sudah dipotong dadu kecil dan taburkan sedikit tepung terigu untuk melapisi mangga. Hal ini bertujuan agar mangga tidak tenggelam dalam adonan saat dipanggang. Masukkan mangga ke dalam adonan bolu dan aduk perlahan hingga merata.

Langkah 5: Memanggang Bolu

Tuang adonan bolu mangga ke dalam loyang yang telah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu. Ratakan permukaan adonan dengan spatula. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan selama 30-40 menit atau hingga matang dengan warna keemasan di bagian atasnya. Untuk memastikan kesempurnaan matangnya, gunakan tusuk gigi yang diakutkan ke bolu. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti bolu sudah matang.

Langkah 6: Menghidangkan Bolu Mangga

Setelah bolu mangga matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin sejenak. Kemudian, potong-potong bolu sesuai dengan selera dan hidangkan pada piring saji. Bolu mangga siap disantap dan siap menggoyang lidah Anda!

Penutup

Itulah resep bolu mangga yang segar dan lezat ala rumahan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, bunda bisa membuat hidangan yang enak untuk keluarga tercinta. Manfaatkan mangga yang sedang musimnya untuk mendapatkan rasa dan aroma yang nikmat. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!