Sinyal Full Jaringan 4G XL Axiata untuk Suksesnya MotoGP Mandalika dari Bandara Hingga Sirkuit Balap

#image_title

Portal Wartawan, MATARAM – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan 4G di Lombok dalam kondisi prima dan siap menyukseskan gelaran MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), 13-15 Oktober 2023. Total ada sekitar 21 BTS 4G siap meng-cover seluruh kegiatan terkait hajatan balap motor paling bergengsi sedunia tersebut, baik di seputar Sirkuit Mandalika, maupun di penguatan sinyal dari mulai Bandara Internasional Lombok di Praya hingga sepanjang jalan bypass BIL – Mandalika sampai Kawasan Kuta Mandalika.

Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto, mengatakan, ?Seperti tahun-tahun sebelumnya, XL Axiata mengerahkan full team untuk memastikan jaringan kami prima untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan event besar MotoGP. Kami juga ingin para pengunjung merasakan pengalaman terbaik dalam menggunakan layanan telekomunikasi dan data selama menikmati balapan dan aktifitas liburan di Lombok. Kami juga telah memastikan sinyal full dan layanan internet juga cepat stabil dari mulai Bandara hingga Kawasan Kuta Mandalika, termasuk di dalam sirkuit.?

Khusus untuk BTS-BTS yang menjangkau area sirkuit Mandalika, XL Axiata menerapkan teknologi terbaru yaitu Massive MIMO. Dengan teknologi ini dapat memberikan layanan data yang lebih baik karena dapat meningkatkan kapasitas data. Selain itu, XL Axiata juga menyiagakan satu unit mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event balap motor dunia tersebut berlangsung.

Dodik menambahkan, potensi lonjakan trafik di event MotoGP ini sangat besar mengingat event balap ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia secara luas, belum lagi potensi hadirnya penonton dari luar negeri. Semakin banyak orang datang ke area tersebut, kebutuhan atas jaringan telekomunikasi dan data yang berkualitas juga dipastikan akan meningkat. XL Axiata juga telah menyiapkan upaya jemput bola guna mempermudah tamu-tamu asing yang akan menyaksikan event MotoGP, termasuk juga untuk para tamu-tamu pendukung penyelenggaraan MotoGP.

Baca Juga :  Mudahkan Ibu Rumah Tangga, Midea Luncurkan 4 Robot Vacuum Cleaner dengan Teknologi Terbaru

Selain menyiapkan jaringan di seluruh Lombok, XL Axiata juga telah menyiapkan sejumlah titik layanan bagi wisatawan asing maupun domestik untuk mendapatkan produk layanan XL Axiata, termasuk registrasi kartu. Khusus wisatawan asing XL Axiata menyediakan booth, antara lain di Bandara Internasional Lombok, Hotel Raja Mandalika, Hotel Panvilla Mandalika, Golden Palace Hotel Mataram, Hotel Jayakarta Senggigi, dan sejumlah retail outlet resmi yang ditunjuk.

Sejumlah pilihan produk yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mendukung produktivitas mereka. Saat ini tersedia promo produk yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan dan masyarakat di Lombok untuk mengakses layanan data di jaringan 4,5G, yaitu kartu perdana internet Xtra Combo Flex mulai 2,5 GB – 100 GB 30 hari dengan Bonus Tiktok dan Youtube serta gratis nelpon dan SMS. Selain itu, pelanggan juga bisa memilih nomor cantik ataupun sesuai keinginan secara gratis dengan mengakses web https://pilih.xl.co.id/. Untuk pembelian paket data yang lainnya juga bisa mengakses melalui aplikasi MyXL ataupun AXISNET.

XL Axiata sejak beberapa bulan yang lalu telah merilis layanan kartu SIM elektronik atau e-SIM. Dengan menggunakan e-SIM, pelanggan tidak harus membeli kartu SIM fisik di toko. Untuk mempermudah pelanggan yang ingin menggunakan layanan e-SIM, seluruh XL Center di area East Region dapat melayani pergantian kartu fisik menjadi e-SIM. Keuntungan menggunakan e-SIM di antaranya, proses pembelian cepat dan instan, artinya pelanggan tidak perlu datang ke toko dan tidak ada proses pengiriman kartu fisik. Untuk pemakai beberapa nomor, tidak perlu khawatir kartu SIM hilang atau rusak, karena eSIM sudah melekat dengan smartphonenya. Selain itu, dapat bonus kuota loyalty lebih besar dan panjang selama 1 tahun. Khusus Prabayar, bagi pengguna iPhone, sekarang jadi bisa menggunakan 2 nomor sekaligus, 1 kartu fisik dan 1 lagi e-SIM.

Baca Juga :  Selamat Tinggal Panggilan Tidak dikenal, WhatsApp Rilis Fitur untuk Dapat Membungkam Spam Caller

?Dukungan XL Axiata pada event dunia ini juga sejalan dengan upaya kami untuk memperkuat infrastruktur dan layanan di NTB yang merupakan salah satu winning area, di mana pangsa pasar XL Axiata adalah yang paling besar. Selain itu, support kami sekaligus menegaskan komitmen selama 27 tahun beroperasi untuk terus mendukung pemerintah dalam melaksanakan pembangunan nasional, termasuk juga menyukseskan berbagai event besar baik nasional dan internasional yang berpotensi menggerakkan perekonomian nasional.? lanjut Dodik.

Lombok sebagai winning area
Dodik menekankan, bahwa peningkatan kualitas jaringan 4G tidak hanya sebatas di Mandalika. XL Axiata juga memperluas jaringan 4G ke seluruh penjuru Lombok, baik untuk peningkatan kualitas layanan data dan suara di wilayah perkotaan, maupun perluasan ke area-area yang sebelumnya memang belum terjangkau.

Saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah hadir melayani pelanggan di 598 desa/kelurahan, 53 kecamatan, dan 5 kabupaten/kota di Lombok. Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan sekitar 2.400 di antaranya BTS 4G.
Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok. Kini sebagian besar BTS di Lombok telah terfiberisasi dan akan terus meningkat. Sementara itu, sejak awal tahun 2022 hingga saat ini sekitar 800 BTS telah ditingkatkan kapasitasnya.

Sejak awal tahun 2023 hingga saat ini trafik data XL Axiata di Lombok tetap mengalami peningkatan sekitar 3 %, dengan kenaikan trafik tertinggi ada di Kabupaten Lombok Utara.

Di sejumlah kawasan wisata paling popular di Lombok, XL Axiata juga secara khusus memastikan kualitas jaringan data. XL Axiata telah menyiapkan 5 BTS 4G di Sembalun, 1 BTS 4G di Pink Beach Lombok Timur, 5 BTS 4G di Gili Trawangan, 1 BTS 4G di Desa Sade, 20 BTS 4G di Sengigi, dan 19 BTS 4G di Narmada.

Baca Juga :  7 Situs Keren untuk Bikin Blogmu Makin Jago

Sementara itu untuk menopang kebutuhan Mataram sebagai kota terbesar dan teramai, XL Axiata mengoperasikan 145 BTS, sedangkan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid sudah beroperasi 1 BTS 4G dan Pelabuhan Lembar 5 BTS 4G.

Semua 19 desa wisata yang popular sebagai tujuan pelancong juga sudah terlayani oleh jaringan 4G XL Axiata, termasuk Desa Selong Belanak, Desa Kopang Rembiga, Desa Bilibante, Desa Aik Dareq, Desa Kembang Kuning, Desa Sembalun, dan Desa Pringgasela. Lalu Desa Seruni Mumbul, Desa Sembalun Bumbung, Desa Paremas, Desa Sugian, Desa Mamben Baru, Desa Senaru, Desa Malaka, Desa Jenggala, Desa Pemenang Barat, Desa Sesaot, Desa Sekotong Tengah dan Desa Sedau. Dengan kapasitas dan infrastruktur yang tersedia, XL Axiata optimis akan bisa memberikan layanan telekomunikasi dan data secara maksimal di area-area wisata tersebut.

Saat ini jaringan XL Axiata untuk seluruh wilayah NTB ditopang lebih dari 5.800 BTS, termasuk lebih dari 3.300 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.