Dirancang Khusus untuk Gamers, Intip Spesifikasi Laptop Gaming ROG Strix Scar 16

Dirancang Khusus untuk Gamers, Intip Spesifikasi Laptop Gaming ROG Strix Scar 16
Dirancang Khusus untuk Gamers, Intip Spesifikasi Laptop Gaming ROG Strix Scar 16

Nama ROG atau Republic of Gamer tentu sangat lekat dengan gamers. Produk dari ASUS yang diciptakan khusus untuk gamer pemula maupun profesional ini dikenal dengan berbagai keunggulan baik dari  hardware maupun teknologi yang diusungnya. Begitu juga dengan ROG Strix Scar 16, Laptop gaming baru berukuran 16 inci ini langsung mencuri perhatian gamers.

Meski harga jual perangkat ini tidak bisa dibilang murah namun sebanding dengan kualitas, performa dan spesifikasi yang diusungnya. ASUS sendiri secara khusus mendesain dan membenamkan fitur yang memang disiapkan untuk memberikan pengalaman bermain game yang berbeda dari sebelumnya.

Spesifikasi ROG Strix Scar 16

Banyak perbedaan yang diusung Laptop gaming terbaru ini dengan seri sebelumnya. ROG Strix Scar dikenal sebagai perangkat yang fokus pada performa, hadir untuk real gamers dan mengusung berbagai fitur eksklusif, siap untuk memanjakan gamer. Bukan itu saja, produsen tidak hanya menghadirkan perangkat yang mumpuni, namun juga nyaman bagi mata.

Dirancang Khusus untuk Gamers, Intip Spesifikasi Laptop Gaming ROG Strix Scar 16

Seperti pada laptop gaming yang lain, produsen juga menghadirkan dapur pacu yang handal sehingga berbagai jenis permainan ringan maupun berat dapat berjalan dengan mulus. Dukungan teknologi juga hadir pada bagian pendingin yang sering menjadi kendala bagi gamers ketika memainkan game dalam waktu lama.

  1. Layar

Hadir dengan ukuran layar yang lega, yaitu mencapai 16 inci memberi pengalaman bermain game yang lebih detail dan jelas. Layar ini juga mempunyai kualitas di atas rata-rata, dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel).

Baca Juga :  Tips Membersihkan Ikan Wader kecil dengan Santai dan Gampang!

Refresh rate layar yang dipasang pada ROG Strix Scar 16 cukup tinggi, mencapai 240Hz atau lebih yang memberi visual gaming halus dan responsif. Ini yang menjadikan laptop gaming berkelas tersebut dapat menampilkan gameplay responsif.

Gambar yang dihasilkan lebih detail sehingga mengurangi screen tearing dan screen stuttering saat bermain game agar lebih smooth, serta mendukung fitur Adaptive Sync dan Dolby Vision HDR.

  1. Prosesor

Prosesor merupakan bagian penting dari laptop agar dapat bekerja dengan maksimal. Produsen membenamkan 13th Gen Intel® Core™ i9-13980HX Processor serta kartu grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4090 Laptop GPU

Keduanya menjadikan Strix Scar 16 mampu menjalankan beragam game berat dengan aman. Prosesor yang diusung oleh laptop gaming terbaik ini sampai sekarang juga paling unggul dibandingkan dengan jenis lainnya.

  1. Sistem pendingin

Bagian ini mendapat perhatian serius dari developer dengan menghadirkan teknologi ROG Intelligent Cooling sebagai basis pada sistem pendinginnya. Untuk mendukung operasional laptop secara maksimal, produsen juga membekali dengan konfigurasi kipas Tri-Fan yang dapat mendukung proses pendinginan di semua bagian.

Tiga kipas tersebut terbukti efektif mempertahankan suhu perangkat sehingga semua komponen dapat bekerja secara maksimal. Untuk meningkatkan sistem pendingin, laptop handal ini juga mengusung desain heatsink unik, Full-Width Heatsink, yang membentang sepanjang belakang bodi ROG Strix SCAR 16 (G634) yang membantu panas lebih maksimal.

  1. Konektivitas

Untuk mendukung gamers dalam beraktivitas laptop khusus gaming ini sudah dilengkapi dengan cukup banyak konektivitas. Port yang tersedia cukup beragam, HDMI 2.1 yang dapat menghubungkan laptop ke layar tambahan

Baca Juga :  4 Tema WordPress Keren dan Gratis Untuk Blog Kamu

Selain itu juga terdapat 2.5Gbps LAN untuk konektivitas lebih stabil menggunakan kabel. Untuk menghubungan laptop ke perangkat audio tersedia 3.5mm combo audio jack.

Pilihan USB yang tersedia ada tiga jenis, yaitu USB 3.2 Type-C yang telah mendukung fitur DisplayPort™, USB Power Delivery, dan USB 3.2 Type-A untuk kemudahan koneksi ke keyboard dan mouse.

Agar kecepatan transfer tinggi dan kompatibel dengan berbagai aksesori dan perangkat modern ROG Strix SCAR 16 juga dibekali port USB Type-C Thunderbolt 4™. Konektivitas ke jaringan internet menggunakan WiFi 6E dengan fitur tri-band yang dapat menghubungkan laptop ke tiga frekuensi jaringan WiFi, yaitu 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz

Sedangkan untuk menghubungkan perangkat seperti mouse, keyboard, ataupun gaming controller extra bisa menggunakan Bluetooth® 5.2 terbaru. Pengguna juga bisa upgrade memori melalui ketersediaan dua slot SO-DIMM, serta upgrade penyimpanan melalui dua slot M.2 PCIe 4.0 x4.

  1. Fitur lainnya

Agar mata tak lekas lelah menatap monitor seri ini sudah dibekali dengan fitur Eye Care. Sedangkan untuk menghadirkan tampilan perangkat yang lebih keren, produsen menghadirkan Super Narrow Bezel atau bezel yang tipis di tiga sisinya sehingga bodi laptop lebih ringkas dengan screen to body ratio 89%.

 

Banyaknya keunggulan yang diusung oleh laptop gaming ROG Strix Scar 16 menjadikan perangkat ini pilihan terbaik untuk gamer pemula maupun profesional. Pengguna akan mendapatkan pengalaman bermain game ringan maupun berat dengan sangat smooth dan  nyaman, bahkan ketika harus bermain dalam waktu lama.