UNESA Menjadi “Starting Point” Peradaban dan Kebangsaan Indonesia

SURABAYA_portalwartawan.com ” Kampus Negeri Surabaya () kukuhkan dua mahasiswa jadi Duta Peradapan Indonesia menjadi starting poin pergerakan peradaban serta berkebangsaan.

Pengukuhkan perwakilan mahasiswa selaku Duta Peradaban Indonesia ini dikerjakan dalam upacara Hari Kemajuan Nasional (Harkitnas) 2023 pada Sabtu, (20/05/23) di UNESA Universitas Lidah Wetan Surabaya dengan dikunjungi 2000 mahasiswa se Jawa Timur.

Uniknya, kecuali mahasiswa ada juga Pergerakan Peradaban Indonesia (GPI), petinggi pemerintah provinsi Jawa timur serta rektor perguruan tinggi ikut ada dengan berpakaian tradisi Indonesia seperti Jawa Timur, Madura, Batak, Aceh sampai Sumatera.

Rektor UNESA, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menuturkan, jika, duta itu umumnya miliki pekerjaan mengontrol beberapa nilai kemanusiaan buat kebaikan sesame, menguatkan norma, perilaku mulia untuk bangun bangsa jadi berkeadaban serta melestarikan kebudayaan Indonesia dan mengawasi persatuan serta kesatuan NKRI.

“Dan, mengangkat tinggi beberapa nilai baik dan mulia serta martabat bangsa berdasar pada Pancasila dan UUD 1945. Penetapan pas di Harkitnas ini kita harap beberapa anak muda atau mahasiswa dapat ikut peranan dalam lebih memajukan peradaban Indonesia,” papar pria yang dekat dipanggil Cak Hasan.

Menurut Cak Hasan, Duta Peradaban itu nanti dapat memberinya pendidikan, literatur, sampai kesadaran anak-anak muda yang lain untuk memberi peranan penting yang arahnya untuk memperkokoh peradaban bangsa dan lebih memajukan negara.

“œLewat ke-2 duta itu, UNESA jadi starting poin buat pergerakan peradaban. Akan tetapi, didambakan bukan hanya UNESA tetapi seluruh universitas di Jawa timur bisa juga terturut,” jelasnya.

Baca Juga :  Mendag Kunjungi Pasar Rawamangun, Jakarta

Sementara itu, Ketua Umum GPI, Achmad Zaini, M.A., menyatakan jika, Harkitnas ini yaitu hari kebangunan peradaban Indonesia. Oleh sebab itu, pergerakan yang terbagi dalam banyak profil pintasi agama, negara, etnis dan beberapa mahasiswa nyata-nyata jadi titik kemajuan bersama bangsa Indonesia yang libatkan beberapa anak muda bangsa.

Duta Peradaban Indonesia UNESA, Jihan Fairuz Salsabila, mengatakan ucapkan syukur serta senang dapat dipercayai sebagai duta peradaban. Maka dari itu, otomatis dapat membuat dianya sendiri kian bertindak memberi yang terbaik untuk nusa dan bangsa.

Selain pengakuan, semuanya barisan petinggi yang ada bersama beberapa ribu mahasiswa memproklamirkan peradaban Indonesia yang disinyalir pembubuhan tanda-tangan. Acara ini sekalian jadi tanggung jawab dan bentuk cinta tanah air untuk isi kemerdekaan ke arah Indonesia emas 2024.

“œSelain penetapan Duta Peradaban, dalam peluang menyongsong Harkitnas 2023 UNESA mengadakan pidato berkebangsaan, Moderasi Beragama dan Bela Negara UNESA, dan Talkshow Berkebangsaan,” tandas Cal Hasan. (*)

· Pewarta : Ikhlas W · Poto : Ikhlas · Penerbit : Dwito