Unhas Hadiri Perayaan 10 Tahun Kerja Sama Program SUIJI di Jepang

Portal Wartawan, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin memperkuat komitmennya dalam kerja sama internasional dengan menjadi bagian dari acara penting SUIJI (Six Universities Indonesia Japan Initiative) Consortium?s 10 year History di Jepang, Kamis (8/2/2024).

Dalam acara tersebut, delegasi pimpinan universitas turut serta dalam memperkuat kerja sama dalam program pertukaran SUIJI yang telah memberikan kontribusi besar dalam bidang pendidikan, penelitian, dan budaya.

SUIJI merupakan konsorsium antara tiga perguruan tinggi di Jepang (Ehime University, Kagawa University, dan Kochi University) dan tiga perguruan tinggi di Indonesia (Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Hasanudin (Unhas)

Program pertukaran SUIJI telah membuka jalan bagi Unhas untuk memperluas jaringan kerja sama internasionalnya, meningkatkan reputasi universitas secara global, dan memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi mahasiswa.

Dengan adanya dukungan penuh dari pimpinan universitas, Unhas berkomitmen untuk terus aktif terlibat dalam inisiatif ini, guna memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang serta meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua negara.

Dalam pertemuan SUIJI Konsorsium ini, Rektor Unhas Prof. JJ hadir secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Delegasi Unhas yang hadir langsung diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D,. Sp.BM(K)., didampingi Koordinator SUIJI Unhas Prof. Dr. Ir. Dorothea Agnes Rampisela, M.Sc., dan Kepala Subdirektorat Pembelajaran Mandiri, Makkarennu, S.Hut., M.Si., Ph.D.

Baca Juga :  Keren! Alumunium Rongsok Bisa Jadi Sumber Uang Tambahan!

Dalam pertemuan tersebut, delegasi Unhas berdiskusi tentang langkah-langkah selanjutnya dalam meningkatkan pertukaran mahasiswa, peneliti, dan program-program kolaboratif lainnya antara Unhas dan universitas Jepang. Mereka juga berbagi pengalaman dan best practices dalam mengelola program-program pertukaran internasional.

Prof. JJ dalam diskusinya menegaskan komitmen Unhas untuk terus berperan aktif dalam program SUIJI Consortium dan memperluas jaringan kerja sama dengan universitas-universitas di Jepang dan di seluruh dunia. Bertujuan
membuka peluang baru bagi para mahasiswa dan peneliti untuk mendapatkan pengalaman internasional yang berharga serta memperluas jaringan profesional mereka.

Dengan keikutsertaan dalam acara SUIJI Consortium?s 10 year History ini, Universitas Hasanuddin semakin menegaskan posisinya sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia yang secara aktif berpartisipasi dalam kerjasama internasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian.