Selama Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Pastikan Peserta JKN Bisa Akses Layanan Khusus

JAKARTA_portalwartawan.com ““ Optimalkan pelayanan, BPJS Kesehatan nyatakan peserta Agunan Kesehatan Nasional (JKN) masih tetap dapat terhubung layanan terutamanya yang terkait dengan keperluan administrasi kepesertaan diwaktu masa liburan lebaran.

Hal ini dinyatakan secara langsung oleh Direktur Penting BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti lewat keluarkan resminya di Jakarta pada Kamis, (06/04/23).

“œAkses servis benar-benar terbuka buat peserta pada waktu periode liburan lebaran tahun 2023. Karena ini adalah wujud loyalitas BPJS Kesehatan untuk tetap memberikan servis yang terbaik untuk semua peserta,” papar Ghufron.

Menurut Ghufron, di dasarnya BPJS Kesehatan menjalankan dasar portabilitas dalam melangsungkan Program JKN. Berarti, seluruhnya peserta bisa terhubung layanan di mana pun dan kapan saja, termaksud waktu liburan lebaran. Hingga, sepanjang liburan lebaran 2023, peserta JKN masih terlayani secara mudah, cepat, setingkat.

BPJS Kesehatan pula mengaplikasikan piket service teristimewa dalam kantor cabang. Piket service itu buka akses service bertemu muka di Kantor Cabang serta Kantor Kabupaten/Kota buat peserta JKN fragmen Karyawan Bukan Yang menerima Gaji (PBPU) atau peserta berdikari dan peserta Yang terima Kontribusi Pungutan (PBI).

Layanan itu diawali di kurun 19 – 21 April 2023 serta 24 – 25 April 2023 waktu 08.00 – 15.00 waktu di tempat.

Selama periode liburan lebaran, BPJS Kesehatan pun sudah buka 955.429 saluran pembayaran yang dapat digunakan peserta untuk bayar pungutan kepesertaan JKN. Gak cuma itu, BPJS Kesehatan layani peserta JKN yang ingin mendaftarkan autodebit lewat program Mobile JKN.

Baca Juga :  Indonesia Dapatkan Prioritas Tambahan Kuota Jemaah Haji

Selain layanan di dalam kantor cabang, Ghufron berkata peserta pula bisa manfaatkan pelayanan digital Program JKN buat penuhi keperluan administrasi Program JKN, seperti Terapan Mobile JKN, Chat Asisstant JKN (CHIKA), Voice Interractive JKN (VIKA), Service Administrasi lewat Whatsapp (PANDAWA) sampai BPJS Kesehatan Peduli Center 165.

Untuk lebih menyentuh warga dalam buka akses pelayanan, BPJS Kesehatan pun sudah mendatangkan pelayanan jemput bola lewat Mobile Konsumen Servis (MCS). Pelayanan itu datang di berapa area yang ramai didatangi oleh orang.

Apabila peserta mengenyam hambatan waktu membuka service di layanan kesehatan, mereka bisa mengontak Petugas Pemberi Data serta Makanan Aduan (PIPP). Teristimewa di rumah sakit, BPJS Kesehatan pun sudah mendatangkan Petugas BPJS SATU! (Siap Menolong) buat memperingan dalam membuka info layanan.

“œBukan itu saja, seandainya peserta mendapatkan rintangan di rumah sakit, peserta pula bisa mengontak Petugas BPJS SATU!,” jelasnya.

“Peserta bisa secara gampang membuka service kesehatan. Cukup hanya dengan membuktikan Nomor Induk Kependudukan (NIK), peserta dapat mendapati service di sarana kesehatan. Sudah tak butuh bawa fotocopy kartu JKN waktu berobat serta ini berlaku di semuanya lokasi Indonesia,” ungkapnya.

Begitu pula untuk memaksimalkan metode technologi dan Info disaat masa libu lebaran, BPJS Kesehatan pula sudah menyediakan team Posko Terintegrasi Waspada Ramadhan dan Idul Fitri (POSKO RAFI).

Baca Juga :  Bisa Jadi Panutan untuk Partai Lain, Pengamat: Sikap PKS untuk Deklarasi AMIN Elegan dan Berkelas

Ghufron menambah, untuk meyakinkan peserta JKN ataupun khalayak luas bisa jalani mudik lebaran secara nyaman, BPJS Kesehatan akan juga mendatangkan Posko Mudik di lima titik dan satu titik Posko Arus Kembali padat pemudik.

Di posko mudik itu, pemudik dapat memperoleh pelayanan yang dipersiapkan oleh BPJS Kesehatan seperti dengar pendapat kesehatan, pijat rileksasi, penelusuran kesehatan, pengadaan beberapa obat, pemberian perbuatan simple yang memiliki sifat genting serta pemberian referensi apabila dibutuhkan.

“œSelain itu, ada ambulans yang dapat dipakai untuk mengantarkan pemudik ke rumah sakit jikalau harus lekas memperoleh servis selanjutnya,” paparkan Ghufron. (*)

· Pewarta : Angga/Ikhlas · Poto : Spesial · Penerbit : Dwito