Pertamina Hadirkan Bright Gas Cooking Competition Makassar 2023, Ajang Tanding Chef Rumahan

#image_title

Portal Wartawan, MAKASSAR – Bright Gas Cooking Competition (BGCC) 2023 mendapatkan antusiasme tinggi dari puluhan peserta di Makassar. Para ‘chef rumahan’ memadati Area Tugu Mandala sejak pagi, Sabtu (12/8/2023).

BGCC 2023 adalah program unggulan dari produk Pertamina yaitu Bright Gas, dimana BGCC ini merupakan merupakan kompetisi memasak untuk mencari dan menggali potensi juru masak di Indonesia dengan mengusung tema “Masakan Rumahan Andalan Keluarga”.

Terdapat 30 peserta dari seluruh Indonesia yang sudah lolos seleksi yang ikut berlomba, selain mengasah keterampilan memasak ala rumahan juga berkesempatan memenangkan beragam hadiah menarik dengan total ratusan juta rupiah dan berkesempatan mendapatkan pengalaman luar biasa dengan hadirnya special guest star, Mariska Tracy Master Chef Indonesia S7, yang menjadi salah satu juri dikompetisi memasak ini.

Region Manager Retail Sales Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fanda Chrismianto, yang juga menjadi salah satu juri sekaligus membuka opening ceremony dalam kegiatan ini menyampaikan antusias dan semangatnya para peserta yang mengikuti kompetisi masak ini.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, BGCC tahun ini hadir lebih spesial dan lebih dekat karena diselenggarakan di 4 (empat) kota berbeda yaitu Surabaya, Makassar, Medan, dan Jakarta dan diikuti lebih dari 600 peserta dari seluruh Indonesia. Banyaknya pendaftar dari beberapa kota di Indonesia menunjukkan bahwa banyak masyarakat yang senang dan pandai memasak, apalagi memasak untuk hidangan keluarga sesuai dengan tema kita hari ini ‘Masakan Rumahan Andalan Keluarga’. Selamat berkompetisi, Ewako para peserta,” ujar Fanda.

Baca Juga :  Manis dan Renyah: Resep Membuat Manisan Agar-agar Kering yang Bikin Nagih!

Kota Makassar merupakan tahapan penyisihan kedua setelah kota Surabaya pada 29 Juli 2023 lalu. Sebelumnya proses pendaftaran telah dimulai dari tanggal 10-22 Juli 2023 melalui link Ptm.id/daftarBGCC2023 yang kemudian dilakukan seleksi online. Peserta yang lolos ke tahap penyisihan akan diumumkan melalui akun media sosial Instagram @brightgas dan website resmi Bright Gas www.brightgas.co.id atau melalui whatsapp di +6281-2386-2285.

Kreasi Masakan Chef Rumahan Makassar di Ajang BGCC

Saat pertandingan memasak, Peserta diperbolehkan memasak dengan bahan dasar olahan ikan laut yang menunjukkan khas kuliner makassar dengan menu andalannya masing-masing masing serta bahan tambahan yang telah ditentukan. Peserta dapat berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan hidangan dengan cita rasa yang unik yang tentunya khas indonesia.

Hasil dari babak penyisihan di Kota Makassar ini menghasilkan 3 orang juara yang selanjutnya akan diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti grand final bertanding bersama chef rumahan lainnya dari kota berbeda.

Adapun pemenang BGCC yaitu Lisa Yuliani asal Banjarmasin meraih Juara 1 menghidangkan menu Ikan Bumbu Taliwang, Ivon Destrianawati asal Bandung sebagai juara 2 menghidangkan menu Ikan Kuah Kuning Kemangi, dan Rahman HN asal Kabupaten Maros sebagai juara 3 meghidangkan menu Ikan Bakar Parappe Ketiganya berhasil memperoleh hadiah masing-masing uang tunai untuk juara I memperoleh Rp.15 juta, Juara II Rp.10 juta, Juara III 7,5 juta serta terdapat Juara Harapan I mendapatkan Rp.5 juta, Juara Harapan II Rp.2,2 juta dan masing-masing juara juga mendapatkan tabung perdana Bright Gas 5,5 Kg.

Baca Juga :  Hebohnya Bolu Ketan Hitam Ala Rumahan: Resep dan Langkah Mudah Bikin Kue Manis yang Lagi Viral!

Bagi 3 peserta yang mendapatkan juara 1,2 dan 3 otomatis lolos ke grand final dan akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti lomba pada 9 September 2023 di Q Big BSD City dengan biaya akomodasi dan transportasi ditanggung oleh panitia.

Selain lomba memasak, dalam kegiatan ini menghadirkan UMKM unggulan binaan Pertamina yang memiliki olahan kuliner khas makassar yang bisa memanjakan lidah para pendatang seperti barongko, jalangkote, pisang ijo, otak otak, dan masih banyak lagi.

Sebelumnya pada sesi pembukaan, dari Tim Retail Sales Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi menyampaikan tips dan tata cara pasang Bright Gas Can serta talkshow product knowlegde Bright Gas kepada para peserta sebagai edukasi tambahan wawasan.

Secara terpisah Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan kompetisi ini digelar sebagai wujud apresiasi Pertamina kepada para pelanggan setia Bright Gas agar senantiasa terus menggunakan produk LPG Non-Subsidi yang berkualitas dari Pertamina.

“Banyak keuntungan dan manfaat yang diperoleh jika setia menggunakan produk berkualitas Bright Gas. Banyak hadiah dan tentunya menggunakan Bright Gas memasak terasa lebih aman dan nyaman. Bagi Masyarakat mampu namun masih memakai produk gas subsidi, yuk segera beralih ke Bright Gas”, ujar Fahrougi.

Ia pun menambahkan keunggulan dari produk Bright Gas, “Kami kenalkan Bright Gas sebagai LPG non subsidi berkualitas dengan teknologi Double Spindle Valve System (DSVS) atau katup pengaman ganda untuk keamanan ekstra. Selain itu, kami juga memiliki layanan khusus Bright Gas untuk kenyamanan penggunanya, yakni layanan antar Pertamina Delivery Service (PDS) 135,” tutup Fahrougi.