Budaya  

PKB Usulkan Nama Jalan Sultan Iskandar Muda Diganti Jalan Hasan Gipo

Surabaya, portalwartawan.com – Fraksi PKB DPRD Kota Surabaya mengajukan peralihan nama dua jalan di Kota Surabaya. Kritikan itu diajukan sebab nama dua jalan diterangkan tak terkait dengan Kota Pahlawan.

Dua nama jalan yang diusulkan diganti itu adalah Jalan Sultan Iskandar Muda di Kecamatan Semampir serta Jalan Bubutan di Kecamatan Bubutan.

Anggota Fraksi PKB DPRD Surabaya Camelia Habiba menerangkan, fraksinya mengajukan biar nama Jalan Bubutan ditukar dengan Jalan KH Ridwan Abdullah.

Tokoh dikatakan yakni pembuat simbol Nahdlatul Ulama (NU) yang tempat tinggalnya ada di wilayah Jalan Bubutan saat ini. Di jalan itu pula ada kantor PCNU Surabaya.

Dahulu, lanjut Habiba, kantor PCNU Kota Surabaya dipakai beberapa pendiri NU sebagai kantor PBNU pertama.

Di kantor itu juga ide dan spirit nasionalisme dibuat banyak pendiri NU.

“œKantor PC NU Surabaya merupakan tempat histori kantor PBNU pertama,” ucapnya di Surabaya, Kamis (12/1).

Jalan ke-2 yang diusulkan diganti oleh Fraksi PKB yakni Jalan Sultan Iskandar Muda di Kecamatan Semampir.

Habiba menjelaskan, partainya mau jalan itu diganti jadi Jalan Hasan Gipo, Ketua Umum PBNU pertama.

Kata Habiba, di seputar jalan itu ada Masjid Gipo, cagar budaya yang bertalian histori dengan perjuangan KH Mas Mansyur. Habiba beranggapan, walaupun dikaruniakan gelar Pahlawan Nasional, nama Sultan Iskandar Muda tidak ada hubungan dengan riwayat Kota Surabaya.

Baca Juga :  Ajarkan Toleransi di Kalangan Anak, Yayasan Kakak dan Institusi Luncurkan Film Kembaran

“œPahlawan Iskandar Muda tidak ada History dengan Surabaya. Sedangkan Hasan Gipo yaitu Ketua NU pertama, yang tidak jauh disana ada situs riwayat Mushalla Gipo yang jadi cagar budaya dan sejarahnya ada sangkutan dengan KH Mas Mansyur,” papar ia.

Selain peranan Kiai Ridwan serta Hasan Gipo pada bangsa ini, menurut Habiba nama ke-2 figur itu penting dipasangkan jadi nama jalan di Kota Surabaya jadi hadiah di kesempatan baik peringatan 1 Masa NU yang pucuknya bakal dihelat di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 7 Februari nantinya.

“œUsulan nama jalan Ini jadi hadiah satu era NU, sebab Surabaya yaitu kota Lahirnya Nahdlatul Ulama. Fraksi PKB akan cari support di Yos Sudarso (kantor DPRD) lantaran sekurang-kurangnya dua fraksi dapat menganjurkan Raperda Gagasan DPRD,” tandas Wakil Ketua Komisi A DPRD Surabaya itu. (NJ/radar96)