Resep Enak dan Cepat Memasak Liang Teh

Liang Teh

Saat cuaca panas, salah satu minuman yang menyegarkan dan populer di Indonesia adalah liang teh. Liang teh adalah minuman tradisional yang terbuat dari campuran berbagai bahan alami seperti herba, rempah-rempah, dan teh. Minuman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat mengatasi masalah kocok kepala mulut. Jika kamu ingin mencoba membuat liang teh yang maknyus sendiri di rumah, berikut ini adalah resepnya!

Bahan-bahan:

  • 5 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 ruas jahe, memarkan
  • 2 batang daun mint
  • 2 sendok makan madu
  • 2 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • 2 sendok makan sirup kental manis
  • 1 liter air
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat:

1. Rebus air dalam panci besar hingga mendidih.

2. Masukkan daun pandan, daun jeruk purut, serai, dan jahe. Biarkan mendidih selama 5-10 menit agar aroma dan rasa rempah-rempah meresap.

3. Matikan api dan tambahkan daun mint. Diamkan selama 5 menit agar daun mint mudah dihancurkan dan memberikan aroma yang segar.

4. Saring campuran liang teh menggunakan saringan halus untuk memisahkan rempah-rempah dengan airnya.

5. Tambahkan madu, air perasan jeruk nipis, dan sirup kental manis ke dalam air liang teh. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

6. Dinginkan liang teh dengan menggunakan es batu secukupnya atau masukkan ke dalam kulkas selama beberapa jam.

Baca Juga :  Tips Membersihkan Ikan Wader kecil dengan Santai dan Gampang!

7. Setelah dingin, tuang liang teh ke dalam gelas saji dan sajikan dengan tambahan es batu jika diinginkan.

Manfaat Liang Teh untuk Kesehatan

Liang teh bukan hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang banyak. Berikut ini beberapa manfaat liang teh untuk kesehatan:

Meredakan Sakit Kepala

Liang teh mengandung bahan-bahan alami yang dapat membantu meredakan sakit kepala, termasuk kocok kepala mulut. Rempah-rempah seperti jahe dan daun mint memiliki khasiat analgesik yang dapat mengurangi rasa sakit pada kepala.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kombinasi bahan-bahan alami dalam liang teh, seperti daun pandan, serai, dan daun mint, mengandung senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi liang teh secara rutin, tubuh akan lebih tahan terhadap berbagai penyakit dan infeksi.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Rempah-rempah yang terdapat dalam liang teh memiliki sifat antimikroba dan antiradang yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut, kembung, dan diare. Jahe dalam liang teh juga memiliki sifat menghangatkan lambung dan meredakan mual.

Mengurangi Kolesterol Jahat

Beberapa bahan alami dalam liang teh, seperti daun pandan, memiliki khasiat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan mengonsumsi liang teh secara teratur, kadar kolesterol jahat dapat dikendalikan dan risiko penyakit jantung dapat berkurang.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Aroma rempah-rempah dalam liang teh dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Hal ini dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga :  Resep Bolu Cukke, Kue Bolu yang Bikin Nagih!

Menghilangkan Rasa Mual

Sensasi dingin yang ditimbulkan oleh liang teh dapat membantu menghilangkan rasa mual, baik itu akibat mabuk perjalanan, mual karena kehamilan, atau efek samping obat tertentu.

Menghidrasi Tubuh

Minum liang teh merupakan cara yang baik untuk menghidrasi tubuh. Terutama saat cuaca panas, tubuh membutuhkan cairan ekstra untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh. Liang teh dapat membantu menjaga kelembapan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Bahan-bahan alami dalam liang teh memiliki efek menenangkan yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Mengonsumsi liang teh sebelum tidur dapat membantu mengatasi gangguan tidur, seperti insomnia atau sulit tidur.

Mengurangi Stres

Bau rempah-rempah dan rasa segar dari liang teh dapat membantu mengurangi stres dan memberikan efek relaksasi pada tubuh. Minum liang teh secara teratur dapat membantu mengatasi gejala stres, seperti tegang otot, sakit kepala, dan kelelahan.

Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan teh dalam liang teh mengandung kafein yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Minum liang teh secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan memori.

Pesan Terakhir

Jadi, jika kamu sedang mengalami masalah kocok kepala mulut atau hanya ingin menikmati minuman menyegarkan saat cuaca panas, liang teh adalah pilihan yang tepat. Dengan menggunakan resep liang teh yang maknyus di atas, kamu dapat dengan mudah membuat minuman ini di rumah. Jangan lupa menyesuaikan takaran bahan sesuai selera dan selamat mencoba!