Kreatif dan Ekonomis! Simak Cara Menanam Pohon Markisa Dari Batang!

Halo, para pecinta kebun dan tanaman! Apakah kalian ingin menambahkan tanaman markisa yang indah dan lezat di kebun kalian? Markisa, juga dikenal sebagai passion fruit, adalah buah yang memiliki rasa manis dan segar. Di artikel ini, kita akan membahas cara menanam pohon markisa dari batang. Ayo, ikuti langkah-langkahnya dan nikmati hasilnya!

Cara Menanam Pohon Markisa Dari Batang

Cara Menanam Pohon Markisa dari Batang

  1. Persiapan
    Sebelum memulai menanam pohon markisa, pastikan kalian memiliki batang markisa yang sehat. Batang dapat dibeli dari penjual tanaman atau dapat kalian dapatkan dari pohon markisa yang sudah ada. Pastikan batang memiliki tunas yang sehat dan akar yang baik.
  2. Pemilihan Lokasi
    Pilih lokasi yang tepat untuk menanam pohon markisa. Markisa menyukai sinar matahari penuh, jadi pilih tempat yang mendapatkan sinar matahari langsung setidaknya 6-8 jam sehari. Pastikan juga tanah di lokasi tersebut memiliki drainase yang baik untuk menghindari genangan air.
  3. Persiapan Tanah
    Siapkan tanah dengan baik sebelum menanam pohon markisa. Pastikan tanah gembur dan subur dengan mencampurkan pupuk organik atau kompos ke dalamnya. Ini akan membantu menyediakan nutrisi yang cukup bagi pohon markisa.
  4. Penanaman
    Buat lubang tanam yang cukup besar untuk menampung akar batang markisa. Tempatkan batang ke dalam lubang dan pastikan akarnya terendam dengan baik. Tutup lubang dengan tanah yang telah dicampur pupuk dan tekan-tekan ringan. Pastikan pohon berada dalam posisi tegak.
  5. Perawatan
    Setelah menanam pohon markisa, berikan perawatan yang baik untuk memastikan pertumbuhan yang optimal. Airi pohon secara teratur, terutama saat cuaca kering. Hindari genangan air yang berlebihan, karena markisa lebih menyukai tanah yang lembab tetapi tidak terlalu basah. Berikan pupuk secara teratur untuk memperkaya tanah dan memberikan nutrisi yang diperlukan oleh pohon.
  6. Penyangga
    Markisa adalah tanaman memanjat, jadi penting untuk memberikan penyangga atau trellis yang cukup kuat bagi pohon markisa. Ini akan membantu pohon tumbuh dengan baik dan mengarahkan cabang-cabangnya agar lebih mudah dipelihara dan dipanen.
  7. Pemanenan
    Setelah beberapa bulan, pohon markisa akan mulai berbuah. Ketika buah markisa matang, biasanya ditandai dengan kulit yang berwarna kekuningan atau ungu gelap, kalian dapat memanen buah-buah tersebut. Cukup putar buah dengan lembut hingga lepas dari pohon.
Baca Juga :  Mau Punya Cemilan Enak? Coba Deh Buat Sendiri Bolu Karamel Ala Rumahan!

Itulah cara sederhana untuk menanam pohon markisa dari batang. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memberikan perawatan yang baik, kalian akan bisa menikmati buah markisa yang segar dan lezat di kebun kalian sendiri. Selain memberikan keindahan dengan dedaunan hijau yang mempesona, pohon markisa juga akan memberikan manfaat buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Jadi, jangan ragu untuk mencoba menanam pohon markisa dan nikmati hasilnya! Selamat mencoba!